Wednesday 3 February 2016

makanan penambah berat badan anak

Berikut adalah daftar mengenai makanan penambah berat badan bayi yang dapat Anda coba berikan bagi buah hati Anda.
  1. ASI
ASI merupakan makanan utama bayi di bawah umur 6 bulan. Indonesia sendiri menggalakan program ASI ekslusif, yaitu program yang menyarankan pemberian makanan hanya ASI bagi bayi di bawah umur 6 bulan. ASI sudah mengandung cukup gizi dan nutrisi yang diperlukan bayi di bawah umur 6 bulan. Berikan ASI hingga bayi kenyang. Salah satu tanda bayi kenyang dengan pemberian ASI ialah bayi tertidur sendiri ketika menyusui.
  1. Susu
Susu formula dapat menjadi makanan tambahan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Jadi, setelah anak menginjak umur 6 bulan, jangan hanya bergantung pada pemberian ASI saja, namun coba tambahkan makanan lain seperti susu formula. Untuk mereka yang sulit memberikan ASI pada anak di bawah umur 6 bulan juga dapat memberikan susu formula tambahan sebagai alternatif.
  1. Pisang
Buah pisang dapat mulai Anda berikan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Makanan penambah berat badan bayi ini kaya akan serat, kalium, Vitamin C, Vitamin B6 dan mengandung kalori yang padat. Pada bayi usia 6 – 8 bulan, berikan pisang dalam bentuk bubur pisang. Setelah menginjak usia di atas 8 bulan, pisang dapat diberikan dalam bentuk buah.
  1. Daging
Berikan daging ayam setelah bayi Anda menginjak usia 8 bulan. Daging ayam dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi karena mengandung banyak niasin, magnesium, Vitamin B6, Vitamin B12 dan yang paling penting mengandung protein dan kolesterol sehat. Untuk usia lebih kecil, ayam dapat diberikan dalam bentuk kuah kaldu.
  1. Minyak
Bagi Anda yang sudah mencoba memberikan makanan campuran bagi bayi seperti bubur saring dari sayur dan daging, tambahkan minyak pada bubur tersebut. Minyak dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi karena mengandung lemak. Pilihlah minyak seperti minyak olive atau minyak wijen. Tambahkan 1 – 2 sendok teh pada bubur saring anak Anda.
  1. Ubi Manis
Selain rasanya enak dan manis, ubi manis dapat dipakai sebagai makanan penambah berat badan bayi. Berikan ubi manis pada bayi berusia 6 bulan ke atas. Ubi mengandung lemak jenuh dalam kadar yang rendah, serat, magnesium, kalium, Vitamin A, C dan B6 dalam kadar yang tinggi. Kalori yang terkandung pun banyak dan padat.
  1. Alpukat
Sama seperti buah pisang, alpukat juga merupakan makanan penambah berat badan bayi. Kandungan lemak yang sehat pada alpukat dapat membantu menaikkan berat badan anak. Alpukat juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Berikan alpukat dalam bentuk bubur lembut bagi bayi berusia di atas 6 bulan.
  1. Telur
Berikan telur pada bayi berusia di atas 8 bulan. Telur mengandung banyak sekali protein di putih telur dan kolesterol di kuning telur. Hati – hati bahwa telur menyebabkan reaksi alergi pada beberapa anak. Telur dapat disajikan dalam bentuk telur rebus, di orak – arik dan di goreng.
  1. Selai Kacang
Selain enak, selai kacang juga dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi. Berikan selai kacang pada anak umur 10 bulan ke atas. Selai kacang mengandung banyak kolesterol dan protein yang dapat menaikkan berat badan bayi. Bila anak Anda telah berusia 1 tahun, selai kacang dapat menjadi teman roti tawar bagi menu makanan anak Anda.
  1. Kebiasaan Makan
Kebiasaan makan merupakan kunci yang penting untuk menaikkan berat badan anak Anda. Kebanyakan anak kecil yang mulai beranjak ke usia balita mengalami fase sulit makan sehingga tidak sedikit orangtua yang mengeluh karena hal ini. Untuk itu, kebiasaan makan yang baik sudah harus dipupuk sejak dini.
Berikan anak Anda bubur saring dari nasi, daging dan sayur sejak usia 8 bulan dibandingkan dengan pemberian bubur susu. Hal ini akan membiasakan anak Anda untuk makan makanan orang dewasa saat ia menginjak umur yang lebih besar. Orangtua yang memiliki kebiasaan makan yang baik seperti makan sayur dan daging yang bergizi juga akan menularkan kebiasaan ini kepada anak – anaknya karena anak terbiasa dengan kebiasaan orangtuanya.

Panduan Berat Badan Ideal Bayi

Memiliki bayi yang sehat dan gizi yang baik merupakan tujuan semua orangtua. Namun tidak jarang juga bayi yang gemuk. Kegemukkan seharusnya dilawan sejak dini karena akan membawa masalah ketika anak beranjak dewasa karena membuatnya rentan terkena berbagai penyakit. Untuk itu sebaiknya Anda mengetahui berat badan ideal bayi
  • Berat badan bayi akan turun beberapa gram dibandingkan saat lahir. Jangan khawatir karena ini adalah hal yang normal.
  • Sampai usia 3 bulan, berat badan bayi naik 175 – 210 gram per minggu
  • Usia 5 bulan, berat badan bayi harus 2x berat badan saat lahir
  • Usia 1 tahun, berat badan bayi harus 3x berat badan saat lahir
  • Usia 2,5 tahun, berat badan bayi harus 4x berat badan saat lahir
Kombinasikan makanan – makanan penambah berat badan bayi setiap harinya agara bayi mendapat banyak nutrisi yang cukup dan beragam. Jangan lupa untuk membiasakan bayi Anda makan bubur saring dibuat oleh bahan makanan sehari – hari ketimbang pemberian bubur susu yang instan. Jadikan acuan sederhana berat badan ideal bayi sebagai patokan Anda dalam menambah berat badan bayi Anda.

sumber c&p : 
http://dedaunan.com/ketahui-apa-saja-makanan-penambah-berat-badan-bayi/

3 comments:

  1. Assalam..akak sy ada baca pasal thaqif sembelit dulu..skg mcm mane?mcm mane akak kurangkan sembelit thaqif?sy dah bg anak lactulose..tp tak berkesan..

    ReplyDelete
  2. Assalam..akak sy ada baca pasal thaqif sembelit dulu..skg mcm mane?mcm mane akak kurangkan sembelit thaqif?sy dah bg anak lactulose..tp tak berkesan..

    ReplyDelete
  3. Wslm..sorry for the late reply..alhamdulillah so far Thaqyf dhtak sembelit..anak umur berapa? Thaqyf Dh 3 thn stgh.. antara y kami buat:
    1. Tukar susu fm -now kami guna susu dumex dugro pek kuning vege n fruits tu
    2. Bg minum fresh milk
    3. Bykkan /paksa minum air masak..kurangkan air manis/bancuh
    4. Kawal food intake anak..no junk foods ok..bab no kena kuat semangat ni perlu support dr org sekeliling
    5. Bykkn buat aktiviti y guna kaki mcm buat cycling, squat, main askar2..biar muscle byk gerak
    6. Bg semangat tiap Kali anak Nk poopoo..muka Peru happy mcm anak masuk sukan hehehe..jgn pressure ok

    Mayb ambil masa tp percayalah is sgt berbaloi
    Tak perlu bgantung pd ubat
    Kita jaga je pemakanan anak

    Sekian, pengalaman y tak seberapa dr mommy y anak dia Dh tak dibelenggu sembelit lagi ��

    ReplyDelete